Search / Cari

Berita Kaltim Post / 17-10-2015

Festival Mahakam 2015, Lebih Menyentuh Seni Budaya
Kaltim Post
SAMARINDA |  Sabtu, 17/Oktober/2015 14:16

SAMARINDA- Festival Mahakam XV kembali digelar. Nah, salah satu tujuan penyelenggaraan Festival Mahakam adalah pelestarian seni budaya, tentu saja nanti beberapa event yang dilaksanakan akan menyentuh materi budaya. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Komunikasi dan Informasi (Disparkominfo) Samarinda, HM Faisal. “Kami konsisten akan menggelar event yang bernilai seni budaya asli maupun yang kreasi pada Festival Mahakam tahun 2015 ini,” katanya.

Pagelaran seni budaya diantaranya kata Faisal adalah lomba tari kreasi daerah, dengan tiga kategori yaitu kategori tari pesisir, kategori tari pedalaman dan kategori tari jepen tingkat sekolah dasar. “Sejak tahun lalu antusias luar biasa untuk peserta kategori tari jepen tingkat SD, sehingga kami gelar kembali tahun ini untuk pelestarian dan mendukung pengembangan kegiatan ekstra seni budaya di sekolah-sekolah,” lanjut Faisal.

Selain lomba tari kreai daerah akan ada pula pawai budaya nusantara. Khusus kirab ini dengan nuansa budaya nusantara dari paguyuban etnis yang ada di kota Samarinda. Ada pula lomba masak dengan tema “Ayo Goreng & Makan Ikan Bersama” dengan 1.200 ibu-ibu, Mahakam Batik Fashion dan upacara adat hudoq kawit.

“Upacara adat kami gelar bergantian secara bergiliran dari beberapa suku yang ada di kota Samarinda untuk bisa saling mengenal upacara adat masing-masing. Sedangkan Mahakam Batik Fashion dengan tema utamanya adalah Batik Kaltim atau sangat disuka Batik Samarinda,” terangnya.

Untuk yang ingin berpartisipasi pada acara Festival Mahakam 2015 dapat menghubungi sekretariatan panpel di Kantor Disparkominfo Jalan Dahlia No.69 Samarinda. (iza)

http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/246866-festival-mahakam-2015-lebih-menyentuh-seni-budaya.html